NCC Cheese Weeks; Kue Batang Keju

Hmm, nyum, nyum, nyumm... gurih dan sedikit rasa manis, perpaduan yang sempurna!! Diet oh diet, hehehe. Selagi masih ada yang namanya event week-week-an NCC nih, diet bakal gagal deh, hahaha. Hitung dihitung, ini adalah setoran ketiga. Niat awalnya mau bikin parmesan cheese stick, tapi kok ya males banget ngeluarin pasta maker-nya, males nge-gilasnya, dan males menggorengnya. Intinya males aja kalau mau bikin stick keju nan renyah dan endaaang itu (kata teman-teman NCC loh ya, la iya, aku kan belum pernah bikin, hikss, kabooorr). Cari di file resep, ketemu deh kue keju batang ini. Sama-sama menggunakan parmesan, tapi ditambahin cheddar juga, ngejuuu banget deh kawan^^.


Oh, iyaa.. posting kali ini bakal banyak banget nih fotonya. Bukan karena foto-fotonya bagus, tapi karena aku suka banget nih ngeliatin foto si batang keju ini. Mengundang^^. Bentuknya memang berbeda dengan kue batang keju biasanya. Tapi aku belum pernah searching juga sih secara khusus, kue batang keju ini aslinya seperti apa. Hanya saja karena namanya batang, aku pikir, yang pasti bentuknya lurus dan panjang. Daripada bikin lurus dan polos aja, aku kreasiin dengan menggunakan tip #1M.

Eniwey, ketika searching tentang kue batang keju ini, tidak jarang juga yang muncul adalah kastangel. Nggak salah juga menurutku karena kastangel juga berbentuk batang walaupun pendek dan kecil. Lalu, manakah sebenarnya yang dinamakan kue batang keju? Ya, anggap saja ini kue batang keju dan kastangel adalah kastangel, aslinya, hihihi, #ngasal. Jika kastangel ditaburi keju di permukaannya, maka kue batang keju ini dapat dicelupkan ke cokelat leleh untuk memperkaya rasa.

Panjang kue ini berapa ya, lupa deh. Yang jelas muat dan pas untuk tabung mika seperti tampak pada foto. Kenapa bikin dengan ukuran segitu? Karena di rumah cuma ada stock tabung mika dengan ukuran tersebut^^. Make it simple, dear! Everything^^.

1 resep ini menghasilkan 3 tabung mika seperti pada foto. Ntar di rumah aku ukur deh, itu mika ukuran berapa sih? Resepnya aku ambil dari salah satu blog, hanya saja lupa tuh nyimpen alamat web-nya. Kalau resep ini milik salah satu anggota NCC, aku minta izin pake resepnya ya... Jikapun milik blogger lainnya, aku izin untuk posting resepnya ya... Enak nih...

Dan, yang membuatku lebih tergoda mengeksekusi resep ini adalah penggunaan telurnya. Hanya putih telur saja, 3 butir. Di freezer ada putih telur entah berapa jumlahnya. Sempat bingung gimana caranya mengetahui jumlah putih telurnya. Tanya si 'Uda Google' lagi, hehe. Ternyata, putih telur dari 1 butir telur sama dengan 30 ml. Telur ukuran sedang ya. Kalau ukurannya lebih besar, sepertinya bisa 35 ml. So, 3 putih telur = 90/105 ml. Aku pakai 95 ml saja.

Dari segi tekstur, kue ini sangat renyah dan aroma dan rasa keju yang kuat. Tentu saja bakal ngeju banget, resep ini menggunakan 100 gram keju parmesan dan 50 gram keju cheddar. Rasa? Menurutku, kue ini rasanya agak mirip-mirip sama rasa kue sagu keju tanpa sensasi lumer di mulut ala sake tentunya. Entah kalau menggunakan butter ya, soalnya kemaren aku bikin pakai margarin. Stock butter lagi habis. Walaupun tidak mudah patah, tapi kue ini cukup rapuh, so handle with care^^.

So, mari kita intip resepnya.

Kue Batang Keju
Modified by: Uni Cakes
Bahan:
250 gr mentega/margarin
150 gr gula halus
3 butir putih telur
100 gr keju parmesan bubuk
50 gr keju cheddar, parut
225 gr tepung terigu
60 gr maizena

How To:
1. Kocok mentega/margarin dan gula halus sampai lembut  dan bercampur rata;
2. Tambahkan putih telur, kocok rata;
3. Masukkan keju dan tepung terigu serta maizena secara bergantian, aduk rata;
4. Tutup adonan dengan plastik wrap, simpan di dalam kulkas kurang lebih 30 menit;
5. Keluarkan adonan, masukkan ke dalam plastik segitiga, ikat, gunting ujungnya, sisihkan;
6. Ambil plastik segitiga lainnya, potong ujungnya dan tempatkan tip #1M di dalamnya;
7. Masukkan plastik segitiga yang berisi adonan ke dalam plastik segitiga yang berisi tip;
8. Mulai spuitkan di loyang yang dialasi kertas roti, bentuk panjang, sesuaikan ukurannya dengan toples yang tersedia;
9. Panggang dengan suhu 150' C, selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.

 
Aku butuh waktu lebih lama ketika memangganya, mungkin karena ukurannya lebih panjang. Hasilnya, kriuk-kriuk, renyah, dan ngeju banget. Kalau kata yang punya resep 'rasanya renyah, tapi ngga gampang hancur. Keju cheddar, bikin kue ada kriuk2, sedang keju parmesan bikin rasa kejunya terasa sekali. Yummi'! Seperti biasa, 1 toples/tabung, diungsikan ke rumah emaknya si Nayla. 

Selamat mencoba ya^^.
Oh ya, adakah resep lainnya yang menggunakan parmesan? Sepertinya harus searching lagi nih selama kemalasan menggunakan pasta maker masih berlangsung. Atau ada yang mau bantu mengoperasikannya? Hikss, udah berasa di lidah nih si parmesan cheese stick. Semoga pas event ini bisa bikin ya...

Comments

Popular Posts