Bolu Gulung Tiramisu

Salah ketik mark, harusnya 2014 jadi 2013, hihi, masih berasa berada di tahun lalu^^.

Cake ini aku buat untuk 'merayakan' 2 tahun pernikahan kami, tepatnya kemaren tanggal 21 Januari 2014. Tiramisu ini berbeda dengan tiramisu yang aku buat sebelumnya karena base cakenya kali ini terbuat dari bolu gulung dan saus putihnya dibuat tanpa telur sehingga prosesnya menjadi lebih simple dan gampang.

Sedikit curhat. Sedianya aku akan mengeksekusi New York Cheese Cake yang sudah sangat lama aku inginkan. Akan tetapi, cuaca di Jakarta tidak mendukung untuk bepergian sementara persedian cream cheese lagi kosong. Sabtu dan Minggu lalu, hujan turun tanpa henti di Jakarta. Deras, seakan-akan langit menumpahkan seluruh airnya, lalu gerimis, deras, dan gerimis lagi selama beberapa hari berturut-turut. Banjir sudah terjadi dimana-mana dan hingga kini masih berlangsung. Pintu air di beberapa tempat masih siaga 3, 2, atau 1. Kiriman air dari Depok dan Bogor tak dapat dibendung, masuk ke Jakarta dalam beberapa jam saja setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Banjir dan hujan tidak hanya menghalangi jalanku ke TBK melainkan juga ke kantor. Sudah 3 hari ini aku berangkat ke kantor dengan ojek atau taxi karena mobil jemputan tidak dapat diprediksi akan datang jam berapa, karena selalu terhadang macet parah bahkan, pukul 09.00 WIB baru sampai di kantor. Aku emangnya tinggal dimana? Rumahku alhamdulillah tidak kebanjiran, begitu juga dengan jalan yang aku lalui pulang dan pergi dari rumah ke kantor. Aku tinggal di Utan Kayu, Matraman dan berkantor di Medan Merdeka Barat. Tidak ada wilayah banjir di sepanjang jalan itu. Hanya saja, akses jalan yang aku lalui dari rumah menuju jalan raya Matraman-Kp. Melayu mengalami kemacetan parah hingga lebih dari 1 km. Alhasil, aku hanya bisa berjalan kaki saja supaya dapat menyelip-nyelip di sela-sela kendaraan bermotor. Yaa, motor pun sudah tidak salip sana sini lagi, mentok. Sebenarnya bisa saja kalau tidak ada mobil yang melintang di tengah jalan hingga motor tidak leluasa untuk bergerak. Sepertinya jalurku sudah menjadi jalur alternatif bagi pengendara untuk menghindari wilayah banjir.

Wuiihh, panjang juga curhatku. Hmm, yang pasti aku tidak sempat membeli cream cheese dan alhamdulillah minggu yang lalu aku membeli keju mascarpone ketika berbelanja di Carefour ITC Cempaka Mas. Alhasil, si keju menjadi andalan terakhir untuk diolah menjadi kue Second Wedding Anniversary kami. Sederhana, itulah kesan yang ingin aku hadirkan lewat tiramisu ini. Tidak banyak ornamen dan garnish, cukup angka 2 di tengah-tengah cake saja. Dan lihatlah foto kami, daster dan sarung, hihihi.

Let's rock kalau begitu^^
Bolu Gulung Tiramisu
by Uni Cake

Bahan I:

Bahan II:
250 gram keju mascarpone
150 whipped cream
3 sdm gula halus

Bahan III:
100 ml air
3 sdm gula pasir
1 sdm kopi instan
1 sdt vanila esen
1/2 sdt garam

Pola angka 2

How To:
1. Potong bolu gulung dengan ketebalan yang diinginkan, sisihkan;
2. Didihkan air, masukkan gula dan kopi, aduk hingga larut, tambahkan vanila dan garam, aduk rata, angkat;
3. Kocok bahan dua hingga lembut;
4. Ambil sepotong bolu gulung, celupkan ke dalam air kopi, tata di dalam pinggan atau loyang, lakukan hingga dasar loyang tertutup rapi;
5. Masukkan adonan keju, ratakan. Ulangi proses nomor 4 dan 5 hingga adonan habis;
6. Simpan cake di dalam kulkas selama kurang lebih 4-6 jam atau semalaman
7. Keluarkan cake, letakkan pola angka 2 di tengah cake, ayakkan cokelat bubuk di atas cake, rapikan.

Comments

Popular Posts