Cornflake Pandan Thumbprint Cookies

Aku punya stock nestle cornflake satu kotak di rumah. Dulu, aku beli buat bikin cornflake cookie, tentunya. Cuma, baru beberapa waktu yang lalu bisa dilaksanakan niat ini. Cornflake ini beda dengan cornflake yang biasa beredar di NCC. Cornflake ini tidak menggunakan mentega putih, melainkan margarin atau butter biasa saja.

Berhubung duluuu banget ketika masih Mts, aku pernah membantu ibuku membuat kukis ini, jadi aku padu padankan kedua resep dan teknik pengolahannya. Selain itu, aku juga berimprovisasi dengan menambahkan selai butter peanut sebagai isian. Suamiku lebih suka versi asli a. k. a. yang pake topping meringue. Aku? Suka dua-duanya^^.

Thumbprint Cornflake Cookies
by Uni Cakes
Source: Majalah Sedap

Nah, yang begini ini nih... males nulis ulang resep, akhirnya aku fotoin aja tuh buku yang aku beli di Gramedia Matraman. Resep aslinya tanpa pandan. Nah, aku modifikasi dengan menambahkan 1/2 sdt esens pandan. Foto asli resep ini tampak sebagai berikut *udah kayak soal ujian ya, pakai kata-kata 'sebagai berikut', hehehe.

Waktu kecil dulu, ibuku selalu membuat kukis ini setiap Ramadhan, bedanya, dulu ibuku tidak menggunakan icingnya itu. Jadi adonannya padat seperti butter cookies sehingga bisa digiling. Kalau aku ingat-ingat sih, resepnya itu resep butter cookies terus ditambahin cornflake ke dalam adonannya. Bukan ditaburi lho. Nah, ingat kenangan itu, akhirnya ada sebagian cornflake yang aku campurkan ke dalam adonan dan sebagian lagi sebagai taburan atau balutannya. Rasanya lebih renyah, karena di dalam adonannya itu ada 'kres-kres' si cornflake^^.Tidak cukup sampai di sana. Aku modifikasi lagi resepnya dengan memberi isian peanut butter jam, hihihi. Skip deh tuh icingnya.

Salam kreasi^^

Comments

Popular Posts