Bolu Kukus Beras Ketan

Assalamu'alaikum^^

Belum pernah dengar resep ini? Sudah dong, bolu kukus ketan hitam, haha. Idenya dari sana. Kebetulan aku lagi iseng mengganti tepungnya. Di rumah sedang ada stok tepung beras ketan yang peruntukkannya adalah membuat resep Onde-Onde Beras Ketan Isi Keju. Berhubung even NCC Cheese Culinary Weeks sudah berakhir maka tepungnya nganggur aja deh. Daripada keburu kadaluwarsa sebaiknya dimanfaatkan ya.

Dengan takaran yang sama dan bahan yang sama, kecuali tepungnya ya, maka jadilah si bolu kukus ini. Rasanya? Enak. Hampir sama kayak rasa Boreh Ondang (Bareh Randang), kuliner khas Payakumbuh, Minangkabau. Sama banget, malah. Bedanya dari tekstur saja. Cake ini lembut dan beras rendang memiliki tekstur berpasir. Diserutin keju, yummyyy...

Bolu Kukus Beras Ketan
by Uni Cakes

Bahan:
5 butir telur
200 gram gula pasir
250 gram tepung beras ketan
200 gram margarin, lelehkan
1 sdt vanila
How To:
1. Kocok telur dan gula hingga kental dan berjejak;
2. Tambahkan tepung beras ketan seraya secara bertahap, aduk rata dengan speed rendah atau spatula;
3. Masukkan margarin, aduk rata;
4. Tuang ke dalam 2 buah loyang 26x10 cm atau loyang tulban, kukus hingga matang selama kurang lebih 15-20 menit dengan api sedang.

Cake emulsifier dan baking soda aku hilangkan dari resep. Tambahkan 1 sdm emulsifier dan 1 sdt baking soda jika suka^^.

Aku kok malah jadi penasaran sama resep Bareh Randang, ya. Angkat telpon, tanya emak-ku dulu ya, hehe. Waktu masih di kampung halaman nan asri, ama sering membuatkannya untuk kami. Bahkan tidak hanya ketika lebaran, maklum jajanan satu ini khas banget sebagai camilan lebaran. Hari biasapun oke, kalau kami memintanya.

Salam makan enak^^.

Comments

Popular Posts