Cakepops; Pesanan Mba Ria untuk Ulang Tahun Mba Mutia

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Alhamdulillah ada pesanan lagi^^. Kali ini birthday cakepops yang dipesan mba Ria, teman kantorku untuk temannya yang berulang tahun, namanya mba Mutia. Mba Ria terinspirasi dari cakepops bouquet yang aku  buatkan saat ulang tahun salah satu teman kantor juga. Sekedar mengingatkan, bisa diklik di sini ya^^.

Berhubung aku kehabisan pot kecil di rumah, aku menawarkan untuk menggunakan sterofoam. Aku menggunakan sterofoam bulat ukuran 20 cm. Sterofoam ini aku beli di toko, lupa namanya, di depan toko Ani. Pas beli, aku sangat berniat untuk serius latihan menghias cake dengan buttercream. Aku beli 4 pcs, 2 bentuk, karena ada minimal pembelian untuk setiap produk. Mana contoh kue yang sudah dibuat? Ohooooo, tunggu ya, tunggu tanggal mainnya^^. Belum tak bikin, #ngacirrrrr.

 
Resepnya sedikit berbeda dengan resep cakepops yang pernah aku share di sini. Cakepops ini aku buat dari setengah resep spongecake NCC dan buttercream secukupnya. Kenapa menggunakan buttercream? Karena pada hari yang sama aku juga sedang mengerjakan puding green tea untuk snack box acara ujian promosi magister suamiku di UIN Jakarta.

Cakepops ini termasuk pesanan mendadak. Gimana engga, pesennya Kamis siang untuk Jumat, keesokan harinya. Setelah mendapatkan kesepakatan dengan pemesan, aku langsung menghubungi kakakku yang menekuni bisnis flanelcraft minta dibuatkan tulisan HAPPY BIRTHDAY MUTIA. Sejujurnya, aku sedikit deg-degan karena di saat yang sama harus menyiapkan snack box untuk acara promosi suamiku itu. Nyampe rumah, langsung shalat magrib. Setelah itu ngacir ke rumah kakakku nganterin dummy strerofoam untuk dihias. Nyampe sana, ternyata beliau belum membuatkan sama sekali, huaaaa... Ya sudah, aku tinggal dan memastikan bahwa aku dapat mengambilnya besok subuh jam 5.


Sampai di rumah, aku menyiapkan bahan untuk membuat spongecake sebagai bahan dasar cakepops. Mixer menyala, aku makan ^o^. Cake masuk ke dalam oven, aku membuat puding di dapur (yuhuuu, ovenku tidak berada di dapur, melainkan di ruang tv, hehehe). Ketika puding matang dan selesai dimasukkan ke dalam personal cup, saatnya menunggu cake matang. Kue untuk snack box akhirnya terpaksa beli karena nggak keburu mau bikin lagi. Overall, kelar jam 11-an. Cakepops sudah aman di kulkas tapi belum dicover cokelat. Beres-beres, berbenah, simpan-simpan, akhirnya aku bisa tidur jam 12. Suamiku sudah lebih dulu aku suruh tidur. Secara, dia 'pengantennya'. Kalau kecapean dan ngantuk, nggak bisa fokus nanti persentasi dan menjawab pertanyaan tim penguji.


Karena masih banyak yang harus dikerjakan, aku bangun jam 3 pagi. Ngumpulin 'nyawa', lalu aku lelehin cokelat dan mengcover si cakepops. Berhubung kawat untuk mengikat plastik cakepops belum ada (niatnya minta punya kakakku ^o^), jadi si cakepops disusun dulu di dummy sterofoamku yang lain. Jam 4 hampir setengah 5 suamiku bangun dan ikut membantu. Jam 5 dia ke rumah kakakku untuk mengambil si dummy yang telah dihias kain flanel dengan cantiknya. Cakepops selesai, foto-foto. Berikutnya merapikan snack box, memasukkan minuman, kue, dan puding yang sebelumnya dihias buttercream dan cherry. Oke, jam 6, saatnya berangkat.

Aku harus ke kantor dulu mengantarkan cakepops seraya absen pagi (jangan khawatir, aku sudah ijin keluar kantor kepada atasan^^). Setelah itu langsung meluncur ke UIN Ciputat untuk menghadiri ujian promosi magister suamiku. Di tengah-tengah sidang, temenku yang memesan cakepops mengirim BBM, 'lucu, kreatif ih'. Whoaaa, senangnyoooo... Akhirnya tak lebihin uang flanel buat kakakku, tentunya diambil dari keuntunganku. Huuuhhh, udah sesak napas nih kepanjangan cerita, #hehehe. Saatnya resep ya...

Cakepops
by Uni Cakes

Bahan:
1 buah spongecake yang terbuat dari 1/2 resep spongecake NCC
50 gram (secukupnya) buttercream
200 gram DCC
50 gram WCC

How To:
1. Hancurkan spongecake menggunakan food processor. Jangan khawatir bagi yang tidak punya. Cukup dengan membagi dua cake, lalu gosokkan cake satu sama lain. Yang penting jangan meremas-remasnya supaya tidak sulit mencampurnya dengan buttercream;
2. Tambahkan buttercream, aduk rata hingga adonan dapat dibulatkan;
3. Bulatkan adonan, pastikan rapi tidak bergerindil. Cakepops yang bergerindil akan jelek setelah dicover cokelat. Diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit;
4. Lelehkan sedikit 20 gram DCC. Celupkan stick lolipop ke dalamnya dan tusukkan ke masing-masing cakepops. Simpan kembali di dalam kulkas kurang lebih 15-20 menit hingga set;
5. Sementara itu, lelehkan cokelat, tuang ke dalam gelas untuk mempermudah pencelupan cokelat;
6. Kelurkan cakepops dari kulkas, celupkan ke dalam cokelat, goyang-goyang, dan tancapkan di dummy sterofoam, biarkan cokelat mengeras;
7. Hias cakepops sesuai selera dan bungkus dalam plastik, ikat dengan pita atau kawat seperti yang aku gunakan. (Lupa nama kawatnya);
8. Tata cakepops dalam wadah yang telah disiapkan.


So, tidak susah bukan? Target berikutnya aku ingin membuat cakepops yang dicover cokelat modeling dengan berbagai karakter. Semoga terlaksana ya...

Salam^^.

Comments

Popular Posts