No Baked Orange Cheese Cake


Assalamu'alaikum

Hai all, kali ini aku mau share tentang varian lain dari no baked cheese cake yang sangat gampang dan simpel sekali resep serta proses pembuatannya.  Sebagai varian, tentu resepnya tidak jauh berbeda dengan resep asli. Resep asli cake nan lembut membelai lidah ini sendiri aku dapatkan dari web Joy of Baking.

Sedikit cerita tentang website Joy of Baking...
Pada masa awal-awal mulai giat makai oven (baca: bikin kue) aku rajin sekali mencari-cari resep baru di sela-sela jam kerja. Aku juga sangat terpesona dengan ragam cake nan cantik dan sayang sekali rasanya jika harus dimakan. Lebih cocok dijadikan sebagai hiasan dan pajangan dalam lemari kaca. Sebut saja misalnya barbie cake, bag cake, car cake, dan aneka bentuk themed cake lainnya.  Aku bahkan selalu ternganga melihat foto-foto cake yang dihasilkan oleh Debbie Brown walaupun sudah berulangkali aku melihat foto yang sama.

Sepertinya jalanku menuju cake artist masih jauh dan butuh proses yang panjang. Tidak ingin menghabiskan waktu hanya memandangi kue-kue nan cantik itu, aku terus mencari-cari resep yang menurutku, feelingku, rasanya cocok di lidahku, padahal belum aku bikin. Nah, suatu hari aku nyasar ke salah satu video Joy of Baking, yaitu edisi carrot cupcake yang langsung aku eksekusi. Setelahnya, aku menjadi pelanggan video Joy of Baking dan resepnya menjadi salah satu inspirasiku.

So, mari kita lanjutkan...

No Baked Orange Cheese Cake
by Uni Cakes
 
Bahan
Crust:
150 gram oreo, hancurkan (gak usah dibuang creamnya)
30 gram gula pasir
85 gram mentega tawar, lelehkan

Filling:
227 gram cream cheese, suhu ruang
50 gram gula pasir
1 sdt vanilla ekstrak (boleh diskip kalau nggak ada)
240 ml heavy whipping cream

Topping:
1 kaleng jeruk mandarin, saring

How To:
1. Campur bahan crust, tata di dasar loyang, simpan di dalam kulkas;
2. Kocok cream cheese hingga lembut;
3. Tambahkan gula, kocok hingga fluffy
4. Tambahkan vanilla ekstrak dan kocok hingga rata, sisihkan;
5. Di mangkok terpisah, kocok whipping cream hingga soft peak;
6. Tambahkan whipped cream ke dalam adonan cream cheese, kocok, lakukan secara bertahap;
7. Keluarkan crust dari kulkas, tuang adonan cream cheese hingga penuh, ratakan;
8. Simpan di dalam kulkas kurang lebih 1 jam;
9. Keluarkan, tata jeruk mandarin kalengan sesuai selera;
10. Simpan di dalam kulkas selama 4 jam atau semalaman (lebih baik).



Jika kamu tidak terlalu menyukai keju, buat saja dalam personal cup ukuran kecil sehingga tidak akan eneg ketika memakannya. Hanya saja bagiku, hmmm, tidak ada bosannya. Yang menghentikanku mengkonsumsi cake ini adalah ketakutan dan kekhawatiran terjadinya 'pembengkakan', hehehe, gemuk dan ndut maksudnyaaa...

Wassalam...

Comments

Popular Posts